Minggu, 11 Maret 2012

Jangan berputus asa...



By : Dinar Apriyanto

Pagi ini, di teras masjid, seorang nenek berusia sekitar 80 tahun berjalan pelan dengan tubuhnya yang terbungkuk. Setengah tubuhnya masih berselimut mukena putih kusut yang sudah berubah warna sedikit kecoklatan. Garis-garis di wajahnya nampak sekali memperlihatkan begitu ‘sepuh’nya beliau...bila dilihat dari fisik, memang hampir-hampir keistimewaan beliau tak nampak lagi...Namun siapa sangka kalau Nenek yang sudah hampir berusia 80 tahun ini tergolong seorang ‘Penjaga Wahyu Alloh’.

Nenek ini buta huruf latin, dia juga tidak sekolah SD, namun Nenek ini begitu istimewa, karena di tengah kondisinya yang buta huruf, beliau mampu Baca Tulis Al Qur’an...beliau setelah selesai sholat magrib di masjid hampir selalu menyendiri di masjid untuk menghapal ayat-ayat Qur’an dan selalu membacanya dengan suara yang cukup keras.  Nenek yang baru saya kenal empat tahun belakangan ini adalah seorang Nenek yang hampir setiap selesai Sholat berjama’ah di Masjid beliau hampir selalu menyempatkan diri untuk bertanya sesuatu pada saya, pertanyaannya bukan seputar ‘keluhan hidup’ namun beliau hampir sering bertanya tentang makna kata-kata dalam Al Qur’an...

Pagi ini beliau menemui saya dan bertanya (dalam bahasa Jawa), “Mas, apa makna kata dalam Al Qur’an ‘Wala tay ‘asu min rahmatillah...’ maka sayapun menjawab “Janganlah berputus asa dari rahmat Alloh!” lalu nenek itupun berkata lagi (dalam bahasa Jawa)” Apa itu putus asa mas? Maklum mas, saya nggak tahu makna kata dalam Bahasa Indonesia!?” Saya lihat Al Qur’an beliau ternyata memang beliau memiliki Al Qur’an terjemahan dengan bahasa Jawa...Lalu sayapun berusaha menjelaskan makna putus asa dalam Bahasa Jawa...

Subhanalloh, begitu dalam makna pertemuan saya dengan nenek itu pagi ini, meskipun beliau tidak tahu makna ‘Jangan putus asa’ namun beliau menurut saya adalah contoh Orang yang tidak pernah berputus asa dalam Rahmat Alloh, beliau adalah sosok Nenek Teladan yang begitu istiqomah menjaga kualitas hafalan Qur’an dan bacaan Qur’an dalam diri beliau...

Wahai pemuda dan maaf ‘siapapun yang belum bisa baca Qur’an’,Janganlah berputus asa dari Rahmat Alloh, Alloh akan memudahkan siapa saja yang berusaha untuk mempelajari Al Qur’an...  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar