Rabu, 16 November 2011

“Public Speaking” pun bisa menjadi program CSR menarik…


“Mengucapkan terima kasih kepada Trainer, ilmunya sangat bermanfaat! “
(Liza Nugraheni, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris UNWIDHA)


Pagi itu, 13 November 2011, suasana kantor kami KLUB MBC ramai dipadati puluhan pelajar dan mahasiswa yang berdatangan dari berbagai Sekolah dan Universitas. Suasana bertambah hangat, karena Game Perkenalan saat itu “memaksa” masing-masing peserta untuk menghapal semua nama peserta yang hadir saat itu. Menghapal 30 nama peserta dalam waktu sekian menit, tentu saja bukan suatu hal yang mudah, apalagi bila baru saja bertemu beberapa menit yang lalu. Namun, karena hari ini semua peserta hadir untuk belajar Public Speaking, maka “pelajaran” pertama yang harus mereka lakukan adalah mengingat seluruh nama peserta yang hadir. Tak kenal maka tak sayang, nah, bila kita ingin menjadi pembicara yang disayangi audience, maka syarat mengenal audience menjadi syarat awal yang harus dipelajari seorang pembicara.
Tajuk Training CSR Yayasan LSPJ, hari ini yang dipercayakan kepada kami (KLUB MBC) bertema “Training Pembicara Hebat”. Alhamdulillah, antusiasme pendaftar Training ini cukup lumayan sejak pertama kali diumumkan via facebook, sms dan blog. Kuota 30 orang terpenuhi oleh anak-anak muda yang sangat antusias belajar tentang Public Speaking. Rata-rata dari peserta sudah mahir dalam berbicara di depan umum dan sebagian masih belum terbiasa berbicara di depan umum. Namun semua peserta yang sudah mahir maupun belum,berbaur sangat bersahabat. Trainer dalam Training ini yaitu DINAR APRIYANTO, STP mengajak semua peserta untuk menyadari pentingnya berbicara di depan umum sebagai generasi muda.
Ditengah acara ini berlangsung, seluruh peserta dikejutkan oleh Trainer. Trainer menantang seluruh peserta untuk berteriak lima kata “SAYA ADALAH SEORANG PEMBICARA HEBAT” di depan sebuah Tugu Stasiun. Hmm, tentu saja tantangan ini begitu memacu adrenalin semua peserta. Seluruh peserta tidak menduga bahwa tantangan itu “WAJIB” mereka lakukan. Dengan begitu lantang, satu demi satu peserta berteriak sesuai perintah Trainer. Dan…Alhamdulillah, ternyata semua peserta BERHASIL menghancurkan ketakutan mereka dan mereka merasa PUAS sudah berhasil mengalahkan rasa takutnya. Di Akhir sesi, Trainer memberikan Teknik Berbicara di Depan umum. Sesi ini begitu hidup dengan berlangsungnya Tanya jawab dari peserta sesuai permasalahan yang sering dihadapi oleh peserta ketika di kelas, di kampus atau saat berbicara di depan umum.
Menjelang Sore, para peserta tuntas untuk belajar agar menjadi seorang “PEMBICARA HEBAT”. Di Akhir kata, Trainer memberikan Quotation  kepada seluruh peserta. Kata-kata bijak ini dinasehatkan oleh Guru besar Trainer kami yaitu Ust Jamil Azzaini.
“Bila anda ingin menjadi expert, maka belajarlah 3 jam sehari untuk mengasah ketrampilan anda”
Trimakasih Yayasan LSPJ yang sudah bekerjasama dengan kami untuk menyelenggarakan program CSR pelajar dan remaja berupa “Training Pembicara Hebat”, kami berharap program ini akan terus bergulir untuk menjadikan Generasi kita menjadi generasi yang UNggul di mata Dunia. (by. MBC)

1 komentar: