Minggu, 11 Desember 2011

Bikin BELAJAR jadi Menyenangkan!


Merubah cara belajar biasa menjadi LUAR BIASA!!!
(by : Dinar "Great Father")

Buku pelajaran, meja belajar, pensil, pulpen, penghapus, penggaris, jam, lampu duduk, coba cek barang-barang tadi. Kalau pas mau belajar, barang-barang yang biasanya ada di sekitar kita, paling itu-itu aja. Betul nggak?! Tapi coba kamu lihat kamar Si Doni. Kayak apa ya Kamar Doni?!, Ck..ck..ck...Masya Allah, banyak sekali tempelan-tempelan tulisan, gambar, potongan koran dan artikel majalah, tape recorder kecil, foto-foto, wah pokoknya amburadul deh...!!
Eits....jangan terburu-buru berprasangka buruk. Kamu kan belum tahu, apa sih maksud, semua barang yang ditaruh di kamar Doni tadi. Yuk, kita coba cari tahu...ssttt..ssst... tapi diam-diam aja ya! Jangan sampai ketahuan....teliti satu demi satu, jangan sampai ada yang kelewatan!! Oooohh!! Begitu to ternyata, hmmm. sekarang kita jadi tahu, kalo Si Doni itu sengaja menempelkan tulisan-tulisannya di tembok kamarnya. Apa aja ya tulisan Doni yang ditempel di kamarnya? Salah satu tulisan yang ditempel di tembok depan meja belajarnya adalah kata Aku cinta Matematika. Maksudnya apa ya? Trus, gambar-gambar yang ditempel di dinding itu ternyata gambar-gambar metamorfosis katak, persis seperti gambar dalam buku Biologi yang sedang dipelajarinya di sekolah. Dan potongan-potongan koran tadi itu, ternyata Doni gunakan untuk mencari bahan bacaan yang sesuai dengan materi pelajaran IPS yang baru tadi pagi diajarkan gurunya. Nah, kalau tape recorder ini untuk apa ya?....kita nyalakan aja yuk....Cklek........oh.............ternyata rekaman suara Si Doni yang sedang ngapalin Vocabulary Bahasa Inggris. Wah..keren!! dan satu benda lagi yang unik ditaruh diatas meja belajar Doni, mau tahu benda apa itu? Itu fotonya Doni saat dapat juara 1 di SD nya dulu. Tampak masih lucu dan imut!
Wah..wah....kita tadi udah coba mengobrak-abrik...eh..maksudnya menelusuri kamar Si Doni yang ternyata banyak barang-barang seru yang di pajang di kamarnya. Kira-kira tujuannya apa ya? Kok kamarnya meriah banget, kayak perayaan 17 agustusan. Mau tahu kan?! Doni melakukan itu semua dengan tujuan biar dirinya semangat pas mau belajar. Lihat saja tulisan Aku Cinta Matematika yang ditempel di tembok kamar itu tadi. Kayaknya narsis banget ya, kalau sampai ada pelajar yang cinta sama matematika. Kan sudah jadi rahasia umum, kalau Matematika itu sulitnya, setengah mateng, kayak telor...Tapi si Doni kok malah bilang cinta sih?....Rahasianya ternyata, Doni membuat sesuatu cara mencintai pelajaran yang berbeda, dia mencoba mencintai pelajaran dengan menuliskan kata-kata motivasi di tembok kamarnya. Nah, itu jawabannya!!
Bagi Doni, Belajar “biasa” saja tidaklah cukup. Dia perlu melakukan sesuatu agar dirinya terpacu dan semangat untuk belajar setiap hari. Kamu juga butuh hal itu dalam belajar, yaitu sebuah lingkungan belajar yang dapat meningkatkan kualitas belajarmu. Kamu butuh membuat lingkungan belajarmu menjadi menyenangkan untuk belajar. Pasang ini, pasang itu, tanam ini, tanam itu, tempel ini, tempel itu, asalkan bikin kamu semangat belajar, Why not? Kita butuh juga memberikan ruang gerak untuk dua belahan otak kita. Hah, dua belahan otak? Memangnya otak kita bisa dibelah?! Iiihh..kuper banget sih kamu! Kita itu punya dua belahan otak dalam kepala kita. Dan dua belahan otak ini, masing-masing punya cara kerja yang berbeda-beda. Sehingga, cara belajar yang dianjurkan adalah dengan mengoptimalkan antara otak kanan dan kiri. Dua otak ini masing-masing memiliki tugas sendiri. Otak kanan berpikir kreatif, imajinatif, dan acak sedangkan otak kiri berpkikir logis, urut, dan analitis. Kamu buat keduanya bekerja seimbang, otak kiri kamu ajak belajar serius, sedangkan otak kanan tetap bisa kamu ajak bermain. Misalnya dengan menempelkan gambar Metamorfosis Kupu-kupu di kamarmu, maka otak kanan kamu secara tidak langsung sudah kamu ajak untuk bermain dengan membuat gambar, sedangkan otak kirimu secara tidak langsung sudah kamu ajak untuk mengingat pelajaran. Nah, sekarang seimbang kan!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar