Selasa, 20 Mei 2014

Rabu, 21 Mei 2014
# Seri Inspirasi
                    
MANFAAT (dibalik) BENCANA

Terkadang, hidup tidak selalu mulus. Ada kalanya kita mendapati suatu kejadian yang kita tidak inginkan. Salah satunya adalah kejadian bencana. Tentunya setiap orang tidak menginginkan hal ini terjadi. Namun hidup di Negara seperti kita (Indonesia) tidak bisa terhindarkan dari berbagai bencana. Mulai dari Gembap Bumi, Gunung Meletus, dan berbagai bencana lain terjadi secara berkala di lingkungan kita.
Yang perlu diingat adalah, bahwa Alloh Azza wa Jalla tidak akan menciptakan segala sesuatunya tanpa manfaat. Demikian pula dengan berbagai bencana yang terjadi, pasti ada kemanfaatan dibalik itu semua.
Ini dia diantaranya :
1.       Gunung Meletus
Seperti kita ketahui, Indonesia merupakan Negara ang memiliki 129 Gunung Berapi ang aktif. Sangat berpotensi untuk meletus kapan saja.
Namun tenang saja, selain bencana Gunung Meletus ini terprediksi, manfaatnya juga sangat besar. Gunung Berapi adalah peneimbang. Gunung Berapi diciptakan sebagai layaknya pasak di muka bumi. Meletusnya mereka adalah untuk penyeimbangan bumi kita ini.
Selain itu, suburnya negeri ini ya karena disebabkan oleh material yang dimuntahkan oleh Gunung-gunung berapi ini. Material piroklastik yang dimuntahkan mengandung zat hara yang sangat baik bagi pertumbuhan berbagai tanaman. Sehingga negeri ini bisa menumbuhkan berbagai macam tanaman tanpa ditanam sekalipun.
2.       Gempa Bumi
Gempa Bumi juga menjadi bencana langganan di negeri ini. Hal ini karena kita berada di pertemuan 3 lempeng besar dunia (Lempeng Eurasia, Lempeng Pacific, dan Lempeng Indo Australia) yang rawan bertumbukan
Gempa Bumi merupakan bencana yang tidak terprediksi, namun tenang saja. Dengan mengetahui berbagai mitigasinya, kita akan bisa “berdamai” dengan bencana.
Gempa Bumi akan memunculkan proses lanjutan, seperti Pengangkatan, Patahan, Lipatan, dan lain-lain. Proses ini yang menghasilkan banyak keuntungan bagi kita. Yang pertama tentunya adalah bidang pertambangan. Berbagai proses tektonik ini yang membuat berbagai barang tambang ditemukan di Indonesia. Seperti proses lipatan yang mengakibatkan jebakan terhadap minyak bumi, atau berbagai lipatan yang membuat tambang emas ditemukan, dan masih banyak yang lainnya
Selain itu, tempat-tempat indah juga bermunculan karena berbagai proses ini. Yang saat ini banyak digunakan sebagai lokasi wisata. Seperti pengangkatan yang memunculkan kawasan Gunung Kidul, ada berbagai Pantai Pasir Putih, Gua-Gua Eksotik, dan lain-lain. Air terjun seperti Grojogan Sewu juga muncul karena adanya proses patahan ini. Dan masyarakat telah memanfaatkan berbagai lokasi pariwisata ini untuk menjadi penjamin keseharian mereka. Wallohu a’lam bish showab.

by Mardheka Ndaru
                                                          


Kamu dan teman-temanmu ingin berwisata, refreshing, sekalian menambah kekompakan. Hubungi kami untuk program OUTBOUND for Kids, fot Teen, and for Professional. Lokasi Pantai, Pegunungan, Sumber Mata Air, Sungai dan sebagainya. Join with us

Tidak ada komentar:

Posting Komentar